Header Ads

Himpaudi Jayaa

Sosialisasi Makan Ikan Sejak Dini



MOJOKERTO - 1.100. siswa PAUD bersama orangtua, pendidik dan tenaga kependidikan PAUD se-Kabupaten merayakan HUT ke 10 Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) tahun 2015 pada Minggu, 30 Agustus 2015. Kegiatan ini juga sekaligus sosialisasi makan ikan sejak dini di Kabupaten Mojokerto dipusatkan dipendopo Agung Trowulan.

Acara ini terasa istimewa karena di hadiri Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa dan Hj Ikfina MKP selaku penasehat Himpaudi didampingi kepala SKPD kepala UPT Dinas Pendidikan,Dinas perikanan dan peternakan kabupaten Mojokerto. Juga hadir beberapa organisasi guru dan pendidik anak usia dini antara lain ketua Forum Paud,ketua IPI,Ketua IGTKI,ketua Igra dan Ketua Igaba Kabupaten Mojokerto.

Dalam laporannya Hj Khoirul Izza SPd AUd Ketua HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto.mengatakan selain makan ikan bersama HUT HIMPAUDI diawali dengan senam bersama juga dimeriahkan dengan Festival Finger Painting(melukis dengan jari )pada media kipas dan kertas dengan tema Laut dan Ikan.juga makan bekal berbahan ikan untuk anak usia dini. Kegiatan simbolik dipusatkan di Taman Mini inonesia indah(TMII) Jakarta dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan didampingi pejabat dari direktorat PPAUD Kemendikbud serta Kementerian terkait. Untuk di daerah khusus di Kabupaten Mojokerto bekerjasama dengan Bunda Paud Kabupaten Mojokerto,dinas pendidikan ,serta dinas perikanan dan peternakan kabupaten Mojokerto dengan melibatkan anak usia dini, orangtua, pendidik dan tenaga kependidikan PAUD. Sebanyak 1.100. siswa Paud se kabupaten ini bagian dari 56.089 anak se Indonesia dalam rangka memecahkan Rekor Muri anak usia dini makan iklan bersama paling banyak se indonesia dalam rangka HUT ke 10 Himpaudi.

Di Mojokerto lembaga dan siswa anak usia dini berkembang pesat .Saat ini terdapat 452 lembaga kelompok bermain,1232 guru dan 8000 siswa kelompok bermain yang tersebar di 18 kecamatan dan 306 desa dan 5 kelurahan di Kabupaten Mojokerto Tahun ini HUT ke 10 Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) tahun 2015 bertema Aku Cinta Maritim dan Suka Makan Ikan.

"Kami mengajak para orang tua,masyarakat pemerintah,organisasi mitra khususnya anggota Himpaudi bersama sama membangun generasi bangsa yang bermartabat dan berharap lahirnya regulasi yang memberikan perlindungan ,pembinaan,dan kesejahteraan kepada setiap guru kelompok bermain," kata Hj Khoirul Izza.

Sementara itu Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa mendukung penuh upaya dari HIMPAUDI Kabupaten Mojokerto untuk menjadikan siswa paud sebagai generasi yang berkualitas sejak dini. ‘’Biarkan anak berkembang sesuai dengan kompetensinya.Hal hal yang membuat anak tidak berkembang harus di hindari terutama hindari kekerasan pada anak karena ini akan menghambat perkembangan anak.’’kata MKP

Bupati mengingatkan untuk membangun kecerdasan tidak boleh dengan kekerasan karena akan melemahkan mental anak karena anak menjadi takut,biarkan anak bereskpresi, jangan memarahi anak ketika sedang anak bergerak atau bereskpresi.Karena semakin di marahi anak menjadi takut untuk bergerak dan akhirnya tidak bisa berkembang dengan baik sesuai dengan umurnya ‘’ Karakter ini salah satunya di tentukan makanan yang sehat dan ini membuat anak menjadi cerdas.semakin banyak gerakan anak semakin pintar Mari Menjadikan generasi yang berkualitas harus di awali dengan pendidikan di anak usia dini.Dengan empat sehat plus lauknya ikan anak semakin cerdas ’’Katanya.

Dengan HUT ke 10 Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) tahun 2015 ini ,mari tingkatkan terus bagaimana mendidik dan membina anak usia dini sehingga menjadi generasi yang berkualitas ‘’ mutu pendidikan anak usia dini harus kita tingkatkan sesuai dengan dengan keilmuan yang ada," pungkas MKP.

Sumber : Bagian PDE+Bagian Humas Protokol Kabupaten Mojokerto

No comments